PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN DALAM PEMANFAATAN PELAYANAN KONTRASEPSI PADA PASANGAN USIA SUBUR DI PUSKESMAS KARANG INTAN 2 KABUPATEN BANJAR

Rita Kirana, Wardah Tilah Yuliani

Abstract


Abstrak

Pemberian pelayanan  alat  kontrasepsi adalah  upaya  yang dilakukan  untuk meningkatkan kualitas keluarga. Selama kurun waktu dua dasawarsa, pelayanan kontrasepsi dalam pembangunan KB di Indonesia telah memperoleh hasil yang cukup menggembirakan. Pada SDKI tahun 2003 ada sebesar 57,4% wanita menikah yang memakai alat kontrasepsi. SDKI 2007 didapatkan data sebesar 61,4% wanita menikah yang memakai alat kontrasepsi SDKI 2008. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan dan pengetahuan dengan pemanfaatan pelayanan kontrasepsi pada pasangan usia subur di Puskesmas Karang Intan 2 Kabupaten Banjar. Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study yang dimaksudkan untuk mengetahui dinamika hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini tidak ada hubungan antara pendidikan dengan pemanfaatan pelayanan alat kontrasepsi KB (p= 0,209) dan terdapat hubungan antara pengetahuan dengan pemanfaatan pelayanan alat kontrasepsi KB pada PUS  (p= 0,016). Disarankan bagi petugas kesehatan memberikan informasi tentang pemanfaatan pelayanan alat kontrasepsi KB pada pasangan usia subur untuk meningkatkan pengetahuan tentang penggunaan alat kontrasepsi.

 

Abstract

The provision of contraceptive services is an effort made to improve the quality of the family. Over the past two decades, contraceptive services in the development of family planning in Indonesia have received quite encouraging results. In the 2003 IDHS, 57.4% of married women were using contraception. The 2007 IDHS data showed 61.4% of married women who used the 2008 IDHS contraception The purpose of this study was to determine the factors associated with the use of contraceptive services in infertile couples in Karang Intan 2 Health Center, Banjar District. Quantitative research methods with a cross sectional study approach that is intended to education and knowledge the dynamics of the relationship between independent variables with the dependent variable. There was no relationship between education and the use of family planning contraception services at PUS 2019 (p = 0.209) and there is a relationship between knowledge and the use of family planning contraception services at PUS (p = 0.016). It is recommended for health workers to provide information about the use of contraceptive services in fertile age couples to increase knowledge about the use of contraceptives.

 


Keywords


Pengetahuan ; Pelayanan Kontrasepsi ; PUS

Full Text:

PDF

References


Adhyani AR. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemilihan Kontrasepsi Non IUD pada Akseptor KB Wanita Usia 20-39 Tahun. Universitas Diponegoro; 2012.

Asridawati Akib. 2019. Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Alat Kontrasepsi KB Pada Pasangan Usia Subur Di Puskesmas Tamalanrea Kota Makassar. Jurnal Farmasi Sandi Karsa Vol 5, Nomor 1.

Ayu Fitriani.2016. Hubungan Tingkat Pendidikan Penggunaan Kontrasepsi Dengan Jumlah Anak Yang Dilahirkan Wanita PUS.

BKKBN, RI. 2017. Panduan Pembangunan Keluarga Sejahtera Dalam Rangka Peningkatan Penanggulangan Kemiskinan, Jakarta: BKKBN

BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan, 2018.

Grestasari LE. Hubungan antara Tingkat Pendidikan, Pengetahuan, dan Usia Ibu Pus dengan Pemilihan Jenis Kontrasepsi di Desa Jetak Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2014. 17.

Kementrian Kesehatan RI. 2015. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2014

Notoatmodjo S.2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mantra, Ida Bagus. 2012. Demografi Umum. Yogyakarta; Pustaka Pelajar.

Profil Kesehatan Puskesmas Karang Intan 2 Kota Makasar

Rifai, 2013. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Penggunaan Alat Kontrasepsi pada Pasangan Usia Subur Di Wilayah Puskesmas Buhu Kabupaten Gorontalo. DiAkses pada tanggal 1 Desember 2014




DOI: https://doi.org/10.32807/jmu.v2i1.70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rita Kirana, Wardah Tilah Yuliani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Midwifery Update (MU)

Kampus B Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram

Jalan Kesehatan no V/10 Pajang Timur Mataram NTB

View My Stats