HUBUNGAN PERILAKU STIMULASI MOTORIK OLEH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 12-36 BULAN

Susanti Tria Jaya, Nurin Fauziyah, Ratih Kusuma Wardani

Abstract


Masalah yang muncul dimasyarakat Indonesia adalah 30,56% kurangnya perhatian atau perilaku dari orang tua tentang memberikan stimulasi motorik terhadap tumbuh kembang anaknya terutama pada perkembangan bahasa anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku stimulasi motorik oleh orangtua dengan perkembangan bahasa anak usia 12-36 bulan di Desa Merjoyo Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun 2018. Desain penelitian menggunakan desain penelitian analitik korelasional dengan pendekatan cross
sectional. Sampel yang diteliti adalah sebagian orang tua di Desa Merjoyo Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri yang memiliki anak usia 12-36 bulan sebanyak 67 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik simple random sampling. Pengukuran data untuk perilaku Stimulasi Motorik oleh orang tua menggunakan kuesioner dan perkembangan bahasa menggunakan KPSP(Kuesioner Pre Skreening Perkembangan) yang kemudian diuji statistik menggunakan rank spearman correlation. Hasil penelitian yang dilakukan di Desa Merjoyo Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun 2018 menunjukkan perilaku
Stimulasi Motorik motorik oleh orang tua yang sangat baik yaitu sebanyak 37 responden (55,22%),baik 21 responden (31,3%) dan cukup sebanyak 9 responden (13,43%), serta perkembangan bahasa anak usia 12-36 bulan yang sesuaiyaitu 48 responden (71,6%), meragukan 14 responden (20,9%) dan menyimpang 5 responden (7,5%). Hubungan antara perilaku Stimulasi Motorik oleh orangtua dengan perkembangan bahasa anak usia
12-36 bulan yang berisi r = 0,730 dengan uji signifikan (p) = 0,000 dan tingkat kesalahan (α) 5% = 0,05. Dengan demikian p < α maka Ho ditolak sedangkan H1 diterima, berarti ada hubungan positif dan tingkat hubungan yang kuat.Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan orang tua mampu menerapkan pengetahuan yang didapatkan kepada anaknya,bidan melakukan pendekatan dengan memberikan penyuluhan tentang perilaku Stimulasi Motorik yang sesuai dan karya tulis ini sebagai bahan penelitian selanjutnya serta
dapat membantu desa menjadi lebih baik dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak.


Keywords


Perilaku, Stimulasi Motorik, Perkembangan Bahasa

Full Text:

PDF

References


Mulyani, S. Perkembangan Psikologi Anak, Yogyakarta: Laras Media Prima. 2013.

Depkes RI. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi Motorik, Deteksi dan Intervensi DDTK di Tingkat

Pelayanan Kesehatan Dasar, Jakarta. 2016.

Ariani, Mardhani Yosoprawoto. Usia Anak dan Pendidikan Ibu sebagai Faktor Risiko Gangguan

Perkembangan Anak. Jurnal Kedokteran Brawijaya. Vol 27 No 2. 2012.

https://jkb.ub.ac.id/index.php/jkb/article/view/116/116

Supartini Y. Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC. 2014.

Sumaryanti, Lilis. Peran Lingkungan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak.Jurnal Studi

Kependidikan dan Keislaman. Vol 7 No.01. 2017.

http://journal.umpo.ac.id/index.php/muaddib/article/view/552

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. Human Development (Psikologi Perkembangan Edisi

Kesepuluh). Jakarta: Salemba Humanika. 2013.

Soetjiningsih, Gde Ranuh IGN. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC. 2015.

Notoatmodjo, S . Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta. 2010.

Nursalam. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Jakarta: Salemba Medika. 2008

Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta. 2009




DOI: https://doi.org/10.32807/jmu.v3i1.109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Susanti Tria Jaya, Nurin Fauziyah, Ratih Kusuma Wardani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Midwifery Update (MU)

Kampus B Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram

Jalan Kesehatan no V/10 Pajang Timur Mataram NTB

View My Stats