PENGARUH PENDIDIKAN ANTENATAL DENGAN MEDIA BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN KESIAPAN IBU HAMIL USIA DIBAWAH 20 TAHUN DALAM MENGHADAPI KEHAMILAN
Abstract
Latar Belakang : Data RISKESDAS 2018 didapatkan kehamilan perempuan umur 10-54 tahun yang pernah kawin di NTB yaitu pernah hamil 94,1% dan sedang hamil 5,6%. Untuk kehamilan perempuan umur 10-19 tahun pernah hamil sebanyak 58,8% dan sedang hamil 25,2%. Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh pendidikan antenatal dengan media booklet terhadap pengetahuan dan kesiapan ibu hamil usia dibawah 20 tahun dalam menghadapi kehamilan. Metode Penelitian : Penelitian ini adalah Quasi experiment dengan one group pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan bulan Mei-Juni 2019. Populasi dalam penelitian ini ibu hamil usia dibawah 20 tahun bertempat tinggal di wilayah kerja UPT BLUD Puskesmas Gerung yaitu 32 ibu hamil. Sampel 30 ibu hamil. Analisis menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test dan Paired Sample T Test. Hasil Penelitian : Responden dalam penelitian ini berusia 16-19 tahun dengan mayoritas pendidikan menengah dan semua bekerja sebagai ibu rumah tangga. Terdapat peningkatan nilai tingkat pengetahuan dan kesiapan dari sebelum dan setelah diberikan intervensi. Hasil uji statistik tingkat pengetahuan dan kesiapan diperoleh nilai p = 0,000 sebelum dan setelah diberikan intervensi, menunjukkan adanya pengaruh pendidikan antenatal terhadap pengetahuan dan kesiapan ibu hamil usia dibawah 20 tahun dalam menghadapi kehamilan.
Abstract
Background: Data from RISKESDAS 2018 found that pregnancies of women aged 10-54 years who had been married in NTB were pregnant with 94.1% and were pregnant 5.6%. For pregnancy, women aged 10-19 years have been pregnant as much as 58.8% and are pregnant 25.2%. Research Objectives: To determine the effect of antenatal education with booklet media on the knowledge and readiness of pregnant women under the age of 20 in the face of pregnancy. Research Methods: This study was a Quasi experiment with one group pretest-posttest. The research was conducted in May-June 2019. The population in this study were pregnant women under the age of 20 years living in the work area of the UPT BLUD Puskesmas Gerung, namely 32 pregnant women. Sample of 30 pregnant women. Analysis using the Wilcoxon Sign Rank Test and Paired Sample T Test. Results: Respondents in this study were 16-19 years old with the majority of secondary education and all working as housewives. There is an increase in the value of the level of knowledge and readiness from before and after the intervention is given. The statistical test results of the level of knowledge and readiness obtained p = 0,000 before and after the intervention, showed the influence of antenatal education on the knowledge and readiness of pregnant women under 20 years of age in the face of pregnancy.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
SDKI. 2018. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia tahun 2017. Jakarta: Badan Pusat Statistik
RISKESDAS. 2018. Laporan Nasional RISKESDAS 2018. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
Wan Nedra., Soedjatmiko., dan Agus Firmansyah. 2006. Kesiapan Fisik dan Pengetahuan Remaja Perempuan
a. Sebagai Calon Ibu dalam Membina Tumbuh Kembang Balita dan Faktor- faktor yang Mempengaruhinya. Sari Pediatri. Volume 8 Nomor 3 : Hal. 209-
b. 217
Juli Oktalia, Herizasyam. 2016. Kesiapan Ibu Menghadapi Kehamilan Dan Faktor- faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan. Volume 3 Nomor 2 : Hal. 147-159
Gustaning, Gani. 2014. Pengembangan Media Booklet Menggambar Macam- Macam Celana Pada Kompetensi Dasar Menggambar Celana Siswa SMKN 1 Jenar. Fakultas Teknik. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta
Badan Pusat Statistik (BPS). 2018. Statistik Daerah Kota Mataram. Badan Pusat statistik Kota Mataram.
Badan Pusat Statistik (BPS). 2018. Statistik Daerah Lombok Utara. Badan Pusat Statistik Lombok Utara.
Badan Pusat Statistik (BPS). 2018. Statistik Daerah Lombok Barat. Badan Pusat Statistik Lombok Barat.
Puskesmas Gerung. Pencatatan Buku Register Ibu Hamil Puskesmas Gerung Mei-Juni Tahun 2019.
Wong D. L.,Whaly (2004). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik, Alih bahasa Sunarno, Agus dkk. Edisi 6 Volume 1.Jakarta :EGC.
Qurniasih, Nila. 2014. Hubungan Aktivitas Kelas Ibu Hamil Dalam Menghadapi Persalinan Di Puskesmas Gedongtengen Tahun 2014. Skripsi Program Studi Bidan Pendidik Jenjang D IV Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Yogyakarta, Yogyakarta
Susanti WS, Aisyah RD, Khanifah M. 2014. Pengetahuan Ibu Hamil yang Mengikuti Kelas Ibu Hamil Tentang Manajemen
a. Nyeri Persalinan Non Farmakologi. 2014;VI(1). 1-8
Restuastuti, Ernalia. 2012. Pengetahuan Dan Sikap Ibu Hamil Tentang Kehamilan Resiko Tinggi Sebelum Dan Sesudah Penyuluhan Di Wilayah Kerja Puskesmas Muara Fajar Kota Pekan Baru. Skripsi Fakultas Kedokteran Universitas Riau, Riau
Damayanti, Erni, Nur, A Winarsih. 2009. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Resiko Tinggi Kehamilan Dengan Kepatuhan Kunjungan Antenatal Care Di RSUD Boyolali. Jurnal Keperawatan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Departemen Kesehatan RI. 2006. Pedoman Pelayanan Antenatal. Jakarta : Depkes.
Vera Linda Montung, Syuul K. Adam, Iyam Manueke. 2016. Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Ibu Hamil Trimester III Dalam Persiapan Persalinan. Jurnal Ilmiah Bidan Volume 4 Nomor 1 : Hal. 44-49
Nursalam & Efendi, F. 2008. Pendidikan Dalam Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika
Fadilayana Damanik, Tuti Restuastuti, Noviardi. 2015. Tingkat Pengetahuan Ibu Primigravida Tentang Tanda Bahaya Kehamilan Sebelum Dan Sesudah Penyuluhan Di Wilayah Kerja Puskesmas Rejosari. Jom FK Volume 2 Nomor 2 : Hal. 1-13
Dewi Rokhanawati, Umu Hani Edi Nawangsih. 2017. Pendidikan Pranikah Terhadap Kesiapan Menghadapi Kehamilan Pertama Pada Calon Pengantin Putri. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan, Volume 13, Nomor 1 : Hal. 81-87
Mukhoirotin, Purniawati Nurul Qomari. 2017. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Kesiapan Dalam Menghadapi Menarche Di Min Rejoso Peterongan Jombang. Jurnal EDUNursing Volume 1 Nomor 1 : Hal. 22-29
Heda, Maria Omeda. 2016. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Tanda Bahaya Kehamilan Dan PErsalinan Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil. Skripsi Program Studi Sarjana Keperawatan STikes Kusuma Husada, Surakarta
Fatimah, Nurul. 2016. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Peer Group Tentang Menstruasi Terhadap Kesiapan Menghadapi Menarche Pada Siswi SD Kelas V Di SD Pundenarum I Kecamatan Karangawem Kabupaten Demak. Jurnal Terpadu Ilmu Kesehatan Volume 6 Nomor 1 : Hal. 46-50
Fatmawati, Tia. 2012. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Menstruasi Melalui Peer Group Terhadap Kesiapan Menarche Siswi SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2 Yogyakarta. Skripsi Program Studi Bidan Pendidik Jenjang DIV Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah, Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.32807/jmu.v5i2.176
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nurmayasari Nurmayasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Midwifery Update (MU)
Kampus B Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram
Jalan Kesehatan no V/10 Pajang Timur Mataram NTB
View My Stats