HUBUNGAN GAYA HIDUP DENGAN KEJADIAN MENARCHE DINI PADA REMAJA PUTRI DI SMP AMANAH MEDAN

Nurrahmaton Nurrahmaton

Abstract


Pendahuluan; Hasil Laporan Riset Kesehatan Dasar 2013 diketahui bahwa 20,9% anak perempuan di Indonesia telah mengalami menarche diumur kurang dari 10 tahun. Membaiknya standar kehidupan berdampak pada penurunan usia menarche ke usia yang lebih muda. Tujuan; adalah untuk mengetahui hubungan gaya hidup dengan kejadian menarche dini pada remaja putri. Metode; Desain penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi kelas VII, VIII, IX yang sudah menstruasi di SMP Amanah Medan sebanyak 33 siswi dan pengambilan sampel dengan total population. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisa data dilakukan dengan menggunakan uji statistik Chi-Square. Hasil; Penelitian menunjukkan dari 33 responden (100%) yang memiliki gaya hidup tidak baik sebanyak 23 responden (69,7%), dan yang baik 10 (30,3%), sedangkan yang mengalami menarche dini sebanyak 18 responden  (54,6%), dan yang mengalami menarche normal sebanyak 15 (45,4%) dengan hasil p value 0,001< 0,05. Kesimpulan; Ada Hubungan Antara Gaya Hidup Dengan Kejadian Menarche Dini Pada Remaja Putri Di SMP Amanah Medan.

 

Background: The results of the 2013 Basic Health Research Report revealed that 20.9% of girls in Indonesia had experienced menarche at less than 10 years of age. The improvement in living standards has resulted in a decrease in the age of menarche to a younger age. Objective: is to determine the relationship of lifestyle with the incidence of early menarche in adolescent girls. Method: Analytical survey research design with cross sectional approach. The population in this study were students of class VII, VIII, IX who had menstruated at Amanah Medan Middle School as many as 33 female students and took samples with a total population. The instrument in this study is a questionnaire. Data analysis was performed using Chi-Square statistical test. Result: The study showed that 33 respondents (100%) had a bad lifestyle as many as 23 respondents (69.7%), and a good 10 (30.3%), while those who experienced early menarche were 18 respondents (54.6 %), and those who experienced normal menarche were 15 (45.4%) with the results of p value 0.001 <0.05. Conclusion: There is a relationship between lifestyle and the incidence of early menarche in adolescent girls at Amanah Medan Middle School.

 


Keywords


Gaya Hidup, Menarche Dini, Remaja Putri

Full Text:

PDF

References


Wulandari P. faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian Menarche Siswi Di SMP 31 Semarang. J Keperawatan. 2015;6:117.

Verawaty, SN dan Liswidyawati R. Merawat dan Menjaga Kesehatan Seksual Wanita. Bandung: PT Grafindo Media Pratama; 2012.

Kependudukan B, Nasional KB. Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Penelit tingkat kelangsungan pemakaian kontrasepsi pil dan suntikan di Provinsi Jawa Barat dan Kalimantan Selatan Jakarta Badan Kependud dan Kel Berencana Nas bekerja sama dengan Lemb Demogr Fak Ekon Univ Indones. 2017;

Proverawati A, Misaroh S. Menarche menstruasi pertama penuh makna. Yogyakarta: Nuha Medika. 2014.

Susanti AV, Sunarto S. Faktor Risiko Kejadian Menarche Dini pada Remaja di SMP N 30 Semarang. Diponegoro University; 2012.

Atmasari DF. Hubungan Antara Status Gizi Dengan Kejadian Menarche Dini Pada Remaja Putri Di SD Negeri Kertajaya Surabaya. Universitas Airlangga; 2016.

R. Achtung. Waspadai Fast Food. 2013.

Henderson C. Buku Ajar Konsep Kebidanan. 2015.

Sonja Roesma dr. Terlambat Haid Pertama Memicu Osteoporosis. kompas.com [Internet]. 2012; Available from: http://lifestyle.kompas.com/read/2012/02/27/16532955/terlambat.haid.pertama.memicu.osteoporosis

Munda SS. Hubungan antara IMT dengan usia menarche pada siswi SD dan SMP di Kota Manado. e-CliniC. 2013;1(1).

Macsali, F. et al. Early Age at Menarche, Lung Function, and Adult Asthma. Am J Respir Crit Care Med. 2013;

Agres Vivi Susanti. Faktor Risiko Kejadian Menarche Dini Pada Remaja Di SMP N 30 Semarang. Ilmu Gizi Fak Kedokt Univ Diponegoro. 2012;

Safitri D, Wati A. Analisis Indikator Gaya Hidup yang Berhubungan dengan Usia Menarche Remaja Putri. J Online Mhs Progr Stud Ilmu Keperawatan Univ Riau. 2014;1(2):1–10.

Setiyaningrum E, Aziz ZB. Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi. Jakarta: Trans Info Media. 2014.

Aisya M. Hubungan Gaya Hidup dengan Kejadian Menarche Di SMA Negeri 1 Driyorejo Kabupaten Gresik. Universitas Airlangga; 2016.

Swarjana IK, SKM MPH, Bali S. Metodologi Penelitian Kesehatan [Edisi Revisi]: Tuntunan Praktis Pembuatan Proposal Penelitian untuk Mahasiswa Keparawatan, Kebidanan, dan Profesi Bidang Kesehatan Lainnya. Penerbit Andi; 2015.

Hidayat AAA. Metodologi Penelitian Keperawatan Dan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika; 2017.

Astuti R. Usia Menarche, Indeks Masa Tubuh, Frekuensi Konsumsi, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua pada Siswa SLTP di Pinggir dan Pusat Kota. Kota Semarang. J Univ Muhammadiyah Semarang. 2010;

khomsan. Peranan Pangan dan Gizi untuk Kualitas Hidup. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.; 2014.

Jayusman. Permasalahan Menarche dini (tinjauan konsep mukallaf). J Pemikir Huk dan Huk Islam.

Trianingrum WE. Hubungan Antara Usia Menarche Dengan Usia Menopause Di Desa Warukkalong Kecamatan Kwadungan Kabupaten Ngawi. 2014;

Anggraini MT. hubungan antara usia saat timbulnya menarche dengan usia saat terjadinya menopause wanita di kecamatankartasura.http://jurnal.unims.ac.id.2010;203–9.

Fathin AN, Ardiaria M, Fitranti DY. Hubungan Asupan Lemak, Protein dan Kalsium dengan Kejadian Menarche Dini pada Anak Usia 10-12 Tahun. Diponegoro University; 2017.

Nugroho A, Bertalina B, Marlina M. Hubungan Antara Asupan Zat Gizi Dan Status Gizi dengan Kejadian Menarche Dini pada Siswi SD Negeri 2 di Kota Bandar Lampung. J Kesehat. 2016;6(1).




DOI: https://doi.org/10.32807/jmu.v1i2.58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nurrahmaton Nurrahmaton

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Midwifery Update (MU)

Kampus B Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram

Jalan Kesehatan no V/10 Pajang Timur Mataram NTB

View My Stats