ANALISIS UMUR DAN PEKERJAAN PASANGAN USIA SUBUR PADA PEMANFAATAN PELAYANAN KONTRASEPSI DI PUSKESMAS KARANG INTAN 2 KABUPATEN BANJAR

Januarsih Januarsih

Abstract


 

Pemberian pelayanan  alat  kontrasepsi adalah  upaya  yang dilakukan  untuk meningkatkan kualitas keluarga. Selama kurun waktu dua dasawarsa, pelayanan kontrasepsi dalam pembangunan KB di Indonesia telah memperoleh hasil yang cukup menggembirakan. Pada SDKI tahun 2003 ada sebesar 57,4% wanita menikah yang memakai alat kontrasepsi. SDKI 2007 didapatkan data sebesar 61,4% wanita menikah yang memakai alat kontrasepsi SDKI 2008.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan umur dan pekerjaan pasangan usia subur dengan pemanfaatan pelayanan kontrasepsi di Puskesmas Karang Intan 2 Kabupaten Banjar

Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study yang dimaksudkan untuk mengetahui dinamika hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen.

Hubungan antara umur dengan pemanfaatan pelayanan alat kontrasepsi pada PUS di Puskesmas Karang Intan 2 Kabupaten Banjar Tahun 2019  (p= 0,010). Hubungan antara pekerjaan dengan pemanfaatan pelayanan alat kontrasepsi KB pada PUS di Puskesmas Karang Intan II Kabupaten Banjar Tahun 2019  (p= 0,004).

 

 

The provision of contraceptive services is an effort made to improve the quality of the family. Over the past two decades, contraceptive services in the development of family planning in Indonesia have received quite encouraging results. In the 2003 IDHS, 57.4% of married women were using contraception. The 2007 IDHS data showed 61.4% of married women who used the 2008 IDHS contraception.

The purpose of this study was to determine the factors associated with the use of contraceptive services in infertile couples in Karang Intan 2 Health Center, Banjar District Quantitative research methods with a cross sectional study approach that is intended to determine the dynamics of the relationship between independent variables with the dependent variable.

The relationship between age and the use of family planning contraception services at PUS in Karang Intan 2 Health Center in Banjar Regency in 2019 (p = 0.010). The relationship between work and the use of family planning contraception services at PUS at Karang Intan II Health Center in Banjar Regency in 2019 (p = 0.004).

 


Keywords


Umur ; Pekerjaan ; Pelayanan Kontrasepsi

Full Text:

PDF

References


BKKBN, RI, Panduan Pembangunan Keluarga Sejahtera Dalam Rangka Peningkatan Penanggulangan Kemiskinan, Jakarta: BKKBN

Bernadus. J. D., Agnes M., Gresty M. 2013. Faktor-Faktor yang berhubungan dengan Pemilihan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim Bagi Akseptor KB di Puskesmas Jailolo. Jurnal e-NERS (eNS)

Karimah. 2017. Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Alat Kontrasepsi Kb Pada Pasangan Usia Subur Di Puskesmas Tamalanrea Kota Makassar. Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Makassar

Kementerian Kesehatan RI. 2015. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2014

Puskesmas Karang Intan 2 Kabupaten Banjar, 2018. Profil Kesehatan Puskesmas Karang Intan 2

Pardede, Nasution, 2012. Determinan Pemanfatan Pelayanan Program KB pada Pasangan Usia Subur (PUS) di Kelurahan Kecamatan Babura Medan Sunggaltahun 2012. http://(jurnal.usu.ac.id). Diakses pada tanggal 11 Agustus 2014

Rifai, 2013. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Penggunaan Alat Kontrasepsi pada Pasangan Usia Subur Di Wilayah Puskesmas Buhu Kabupaten Gorontalo. DiAkses pada tanggal 1 Desember 2014

Wulandari, S. 2015. Hubungan Faktor Sosial Budaya dengan Keikutsertaan KB IUD di Puskesmas Mergangsan Kota Yogyakarta tahun 2013. Jurnal Medika Respati vol. 10 nomor 1 Januari 2015 ISSN: 1907-3887.




DOI: https://doi.org/10.32807/jmu.v2i1.74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Januarsih Januarsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Midwifery Update (MU)

Kampus B Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram

Jalan Kesehatan no V/10 Pajang Timur Mataram NTB

View My Stats