PENGARUH METODE PENYEGARAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN KADER DALAM PROGRAM KELUARGA BALITA PADA BAYI UMUR 12 BULAN DI POSYANDU DASAN AGUNG LAMA WILAYAH KERJA PUSKESMAS DASAN AGUNG TAHUN 2018

Hasniatun Iza, Ati Sulianty

Abstract


Gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada anak di indonesia mencapai 35,7% dan tergolong dalam masalah kesehatan masyarakat yang tinggi menurut acuan WHO karena masih di atas 30%. Oleh sebab itu penanggulangan dapat dicegah lebih awal yang menjadi tanggung jawab semua pihak baik pembuat kebijakan maupun petugas kesehatan dan masyarakat sekitar. Kader kesehatan berperan sebagai ujung tombak dari pemantauan pertumbuhan balita di wilayah tempat  tinggal, karena terjun langsung ditengah masyarakat  sehingga tingkat pengetahuan dan sikap kader menjadi hal yang sangat penting. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari pemberian penyegaran pengetahuan dan keterampilan kader terhadap program bina keluarga balita di posyandu wilayah kerja puskesmas Dasan Agung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimental dimana kader akan mendapatkan penyegaran pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan pemantauan tumbuh kembang balita. Untuk mengetahui pengaruh dari penyegaran tersebut akan dilakukan pretest dan posttest kemudian hasil kedua test akan dibandingkan untuk mengetahui pengaruh penyegaran tersebut. dan Hasilnya adalah penyegaran tersebut telah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader Posyandu sebanyak 64,55% untuk peningkatan pengetahuannya dan 24,26% untuk peningkatan keterampilannya. Sehingga artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari pemberian metode penyegaran terhadap pengetahuan dan keterampilam kader dalam program Bina Keluarga Balita.

 

Impaired growth and development in children in Indonesia reaches 35.7% and is classified as a high public health problem according to WHO references because it is still above 30%. Therefore, prevention can be prevented early which is the responsibility of all parties, both policy makers and health workers and the surrounding community. Health cadres play a role as the spearhead of monitoring the growth of children under five in the area where they live, because they are directly involved in the community so that the level of knowledge and attitudes of cadres is very important.The purpose of this study was to find out whether there was an influence from giving a refreshment of cadre knowledge and skills to the toddler family development program at the posyandu in the working area of the Dasan Agung health center. The method used in this study is an experimental quasi method where cadres will get a refresh of knowledge and skills in monitoring toddler growth and development. To know the effect of the refresher will be done pretest and posttest then result of second test will be compared to know influence of refresher. and the result is that refresher has increased the knowledge and skills of Posyandu cadres by 64.55% to increase their knowledge and 24.26% to increase their skills. So that means that there is a significant influence from the provision of refreshment methods on cadre knowledge and skills in the Toddler Family Development program


Keywords


Penyegaran ; Pengetahuan ; Keterampilan

Full Text:

PDF

References


Abu, Ahmadi dan Prasetyo. 2015. SGM Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Depkes RI. 2013. Pemantauan Pertumbuhan Balita. Jakarta : Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat .

Depkes RI. 2010 . Puskesmas Sebagai Penggagas Pembangunan Kesehatan Setempat . Jakarta : Departemen Kesehatan RI.

Kemenkes RI Pusat Promosi Kesehatan . 2012 . Buku Saku Posyandu . Jakarta : Kementerian Kesehatan RI.

Kemenkes RI Pusat Promosi Kesehatan . 2012 . Buku Kesehatan Ibu dan Anak . Jakarta : Kementerian Kesehatan RI.

Notoatmodjo, S. 2013. Metodologi Penelitian Kesehatan. Penerbit : Jakarta Rineka.

Nuryani Ayesha H.N, Nurwening T.W . 2016 . Knowledge And The Role Of Cadres In The Implementation Of Early Detection Of Toddlers Development Using KPSP.

Siti Uswatun Chasanah . 2013 . Hubungan Peran Kader Posyandu Dalam Meningkatkan Kesehatan Dengan Status Gizi Balita Di Desa Tegaltirto Berbah Sleman.

Soetjiningsih. 2012. Tumbuh Kembang Anak. Penerbit : Buku Kedokteran EGC . Jakarta.

Sugiyono . 2013 . Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi . Penerbit : Alfabeta . Yogyakarta.

Sugiyono . 2017 . Statistik untuk Penelitian . Penerbit : Alfabeta . Yogyakarta.

Sugiyono . 2010 . Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D . Penerbit : Alfabeta . Yogyakarta.

Tjandrajani, Anna dan Attila Dewanti, DKK . 2012 . Keluhan Utama pada Keterlambatan Perkembangan Umum di Klinik Khusus Tumbuh Kembang RSAB Harapan Kita . Jakarta .

Profil Kesehatan Provinsi NTB . 2016 . Dinas Kesehatan Provinsi NTB.

Profil Kesehatan Puskesmas Dasan Agung. 2018. Puskesmas Dasan Agung

Profil Kesehatan Indonesia . 2013 . Kementerian Kesehatan Indonesia.

Profil Kesehatan Indonesia . 2015 . Kementerian Kesehatan Indonesia.

Wahyuni, Andri dan Sulisyiani . 2014 . Dampak Program Bina Keluarga Balita Terhadap Tumbuh Kembang Anak Balita 6-24 Bulan.

Widiyastuti . 2014 . Pelatihan Pemberdayaan Keterampilan Bagi Kader Bina Keluarga Balita (Bkb) Dan Bina Keluarga Lansia (Bkl) Se-Kelurahan Klitren Yogyakarta.

WHO. 2013. UNICEF-WHO-The World Bank joint child malnutrition estimates.




DOI: https://doi.org/10.32807/jmu.v2i1.78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hasniatun Iza, Ati Sulianty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Midwifery Update (MU)

Kampus B Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram

Jalan Kesehatan no V/10 Pajang Timur Mataram NTB

View My Stats